Rabu, 25 Agustus 2010

Jangan Salah Pilih Jurusan dan Profesi

PRAKTISI TEKNOLOGI INFORMASI
"Hidup dan mati bersama komputer"


Memang nggak gampang pada awalnya menggeluti bidang programmer karena kita harus teori dasar komputasi yang dibutuhin untuk membuat program, tapi semua ini akan dipelajari di Jurusan Informatika dan apabila berhasil, kita bisa mematenkan program karya itu. Aneh rasanya kalo hari gini lulusan Teknik Informatika susah nyari kerja. Kenapa? Jelas, untuk semua perusahaan, mereka butuh tenaga ahli semacam IT. Seandainya kita punya pemikiran untuk bisa berbisnis, jurusan ini sangat memungkinkan. Lihat saja tokoh-tokoh sukses seperti Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), Jerry Yang (Yahoo) dan Larry Page dan Sergey Bean (Google).

BROADCASTER
"Belakang dan depan layar"


Sebagai orang kreatif, seorang broadcaster bakal menjadi ide di balik layar. Banyak yang sukses menjadi produser, tim kreatif ataupun news director. Kalau bakat kita justru tampil di depan ayar, justru lebih bagus karena akan membuka peluang untuk menjadi presenter dan penyiar. Orang awam berpikiran kalo kita bekerja di penyiaran, secara teknis pasti dipegang cowok. Padahal nyatanya nggak, cewek cowok sama aja. Asiknya lagi, bidang ini bersifat praktek minded, tidak ada berhitung, wajib magang dan belum lagi kita akan memiliki dosen yang heboh!

DOKTER
"Idaman orang tua"


Jangan khawatir dengan biaya kuliah yang mahal di Fakultas Kedokteran, soalnya setelah kita lulus dan jadi dokter, ga butuh waktu lama untuk 'balik modal'. Apalagi kalau kita bisa jadi dokter spesialis. Menjadi dokter juga merupakan profesi paling mulia, hitung-hitung tabungan amal. Kalau kita termasuk orang yang suka bergaul dan memperbanyak relasi, jadi dokter adalah plihan yang tepat.

DESAINER GRAFIS
"Menyampaikan pesan lewat visual"


Seneng ngegambar? Nah, daripada corat-coret nggak jelas, mending cari penyaliran yang bisa bikin kita dapetin uang dari hobi ini. Setelah resmi lulus, ada banyak peluang pekerjaan terbentang di hadapan kita. Selain bekerja di bidang graphic house, kita juga bisa bekerja di biro iklan, percetakan dan penerbitan. Dari namanya aja, udah keliatan kalo jurusan desain komunikasi visual itu bakal banyak berkutat dengan hal berbau teknologi dan multimedia, jadi sama sekali nggak ada kesempatan untuk gaptek alias gagap teknologi!

ARSITEK
"Sang seniman bangunan"



Menjadi seorang arsitek ternyata seru. Kaita bisa mengkreasikan segala macam yang berdiri di muka bumi ini sesuai dengan keinginan, tentunya tetap berpegang pada kaidah yang udah ada. Bekerja di belakang meja juga bisa dilakukan oleh lulusan arsitek. Caranya? Dengan menjadi konsultan arsitek. Mau jadi kontraktor pun bisa karena disini nih biasanya para alumni arsitek mengais nafkah. Bukan nggak mungkin seorang arsitek bisa menjadi trendsetter. Seru!

MILITER
"Penjaga kedaulatan NKRI"


Menjadi pahlawan adalah keinginan setiap orang. Dengan menjadi prajurit TNI, kita bisa jadi pahlawan. Menjadi bagian dari sebuah perdamaian memiliki nilai kebanggan tersendiri. Selain ambil bagian dalam sejarah, kita juga bisa jalan-jalan ke luar negeri! Kita dilatih untuk bisa bertahan di segala macam situasi dan kondisi. Pelatihan yang udah diberikan semasa belajar membuat kita menjadi lebih kuat secara fisik maupun mental. Dan beda dengan yang lainnya, keuntungan belajar di Akmil adalah bebas biaya alias gratis. Udah gitu, kalau lulus, kita bisa langsung bekerja.
AKUNTAN
"Maestro hitung-hitungan"



Bukan dicari kayak polisi ngejar buronan tapi dicari karena dibutuhkan soalnya posisi akuntan ini penting banget untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Bahkan instansi pemerintahan pun membutuhkan bantuan akuntan. Jadi jangan takut nganggur setelah lulus nanti. Meskipun akuntan itu termasuk rumpun sosial, jangan harap tidak menemukan matematika disini. Bedanya, terletak pada objek yang dihitung, yaitu uang. Jadi kita harus teliti dan hati-hati. Dan asiknya, belum jadi akuntan beneran pun kita udah bisa main saham. Tapi mainnya sambil belajar. Dengan software khusus, kamu bisa mengamati pergerakan harga saham dunia. Belajar jadi investor sekaligus pengamat saham juga. Kesempatan karir makin terbuka luas kan?

AHLI BIDANG TEKNIK
"Insinyur = menantang!"



Emang lulusan desain grafis aja yang bisa ngedesain? Lulusan teknik juga bisa. Bahkan objek desainnya nggak tanggung-tanggung, gedung pencakar langit! Seru juga menciptakan suatu bangunan dari nol hingga berdiri kokoh. Kalo lulusan teknik mesin, karirnya nati nggak jauh-jauh dari ngurusin mesin. Buat yang alergi pelajaran matematika, fisika dan kimia, jangan nekad masuk teknik. Man, nominal gaji seorang insinyur terhitung fantastis lho! Banyak perusahaan perminyakan dan pertambangan ngincer insinyur untuk dipekerjakan di pabrik mereka. Kalo nggak mau kerja di pabrik atau desain bangunan, insinyur juga bisa kerja di marketing membantu perencanaan, instalasi dan penggunaan produk. Lingkupnya sangat luas bukan?
WARTAWAN
"Journalist is cool"



Jadi jurnalis itu sama aja kayak pindah ke dunia yang 'baru'. Dunia yang akan bikin kita excited tiada akhir, sekaligus membuka mata hati dan menambah wawasan kita hingga kita tersadar bahwa masih banyak hal yang selama ini belum kita ketahui. Bukan bohong atau berlebihan, tapi faktanya di bidang kewartawanan kita akan menemukan orang yang berbeda, yang sulit diprediksi karakternya. hmm nggak gampang dijalanin dong? Emang! Mau jadi wartawan di media cetak atau elektronik memerlukan persiapan matang. Melalui pena dan kameranya, wartawan punya kekuatan super buat meyebarkan informasi hingga ke penjuru bumi. Menyenangkan? Pastinya!

DUNIA FASHION
"Beragam dan menjanjikan"


Kalau ngomongin soal karir di bidang fashion, selama ini mayoritas dari kita taunya cuma kalau nggak jadi fashion designer ya jadi fashion stylist. Makanya jarang ada cowok yang berminat. Padahal sebenarnya nyemplung di bidang fashion, link-nya bisa juga ke fashion product dan fashion business.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar